Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara tepat menentukan niche blog yang wajib kamu coba

Menentukan-Niche-blog
Saat iseng menjelajah dunia internet. Tak sengaja menemukan beberapa artikel yang menarik. Salah satunya tentang blogger. Karena dulu saya pernah membuat blog, akhirnya ada keinginan untuk ngeblog lagi.

Sebelum memutuskan membuat blog, saya searching tentang hal-hal yang harus di lakukan sebelum membuat blog. Salah satu topik yang menarik adalah menentukan niche blog.

Apa itu niche blog ? Niche adalah topik yang akan di bahas dalam sebuah blog.

Setelah mengetahui apa itu niche pada sebuah blog, barulah kita fokus menentukan niche yang akan di bahas. Bagian ini sangat penting. Jika salah menentukan niche blog akan berakibat menjadi tidak fokus dalam mengurus blog.

Kesalahan menentukan topik akan membuat blogger ingin mengganti niche dan membahas hal yang lain. Akibatnya blog menjadi tidak fokus dan membahas banyak niche.

Sebenarnya tidak ada yang salah jika blog membahas niche yang banyak. Tapi itu akan membuat blog sobat menjadi tidak fokus.

Kelebihan blog yang membahas satu niche itu sangat banyak. Niche satu niche akan lebih mudah dalam menerapkan SEO. Karena semua artikel memiliki keterkaitan kata kunci. Jadi blog akan lebih mudah untuk di optimasi SEO agar memiliki peringkat yang baik di mesin pencarian.

Blog akan memiliki ciri khas tersendiri karena Cuma membahas satu topik. Pembaca blog juga akan lebih mempercayai blog seperti ini. Dan pembahasan setiap artikel menjadi lebih fokus dan saling memiliki keterkaitan.

Nah..... Blog mimin kok lebih dari satu niche ?

Jangan di contoh. Karena inilah salah satu contoh blog yang salah memilih niche. Sehingga membuat mimin ingin membahas topik yang lain.

Kembali ke topik pembahasan. Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa sangat penting menentukan niche sebelum membuat blog.

Nah.... artikel ini akan memberikan tips untuk sobat yang mau membuat blog tapi belum menemukan niche yang tepat.

Tips menentukan niche yang tepat sebelum membuat blog


Banyak blogger yang bosan ngeblog kemudian meninggalkan blog yang dia miliki begitu saja. Kenapa ?

Sebagian besar kecewa karena traffic blog tak kunjung bertambah dan kehabisan topik karena tidak menyukai niche yang di bahas. Terus membuat topik baru yang tidak di kuasai dan tidak juga di sukai.

Topik blog yang bagus adalah topik yang di sukai sekaligus di kuasai. Jika Cuma di kuasai saja tapi tidak di sukai, malah menimbulkan rasa malas. Masih mendingan, topik di sukai walau tidak begitu menguasainya. Bisa sambil belajar.

Berpatokan kepada dua hal di atas, mulai kumpulkan data untuk membuat niche blog

Data sedikitnya 5 Hal yang sobat Sukai


Apa saja hal-hal yang sobat sukai. Catat dalam list, sebanyak mungkin. Jika memang sedikit, minimal 5 item yang sobat harus catat. 10 akan tampak lebih bagus.

Mengapa di sarankan mendata hal-hal yang di sukai ?

Ini kita lakukan untuk mempermudah dan melancarkan saat sobat nanti sudah memiliki blog. Sobat akan semangat dan selalu ingin membahas topik tersebut karena sobat sangat menyukainya.

Simpan catatan tersebut. Langkah awal sudah selesai.

Catat Beberapa topik yang di Kuasai


Sama seperti mencatat apa yang tadi di sukai. Sekarang lakukan hal yang sama terhadap sesuatu yang di kuasai. Tujuan pembuatan list ini agar mudah untuk mengisi artikel blog.

Artikel akan mudah di buat jika kita menguasai topik tersebut.

Jika sudah di dapat 5 hal yang di kuasai, maka kita akan lanjutkan ke langkah yang ketiga.

Tentukan Niche Blog

Setelah membuat list antara hal yang di sukai dan di kuasai, gabungkan kedua hal tersebut.

Anggaplah kita mengumpulkan masing-masing 5 item. Jadi totalnya ada 10 item. Dari ke 10 item tersebut, kita akan jadikan Niche utama blog.

Pilih satu di antara 5 topik paling di kuasai tapi mendekati ke arah 5 hal yang paling di sukai. Kalau memungkinkan, pilih satu topik yang paling di kuasai dan juga paling di kuasai. Itu yang akan menjadi topik utama.

Pisahkan 1 hal tersebut. Kemudian pilih topik kedua yang paling di sukai. Lakukan seperti tadi. Biar di dapatkan topik yang kedua. Jadi sudah ada dua topik yang akan menjadi niche blog.

Sekarang kamu udah dapat 2 niche blog. Sebaiknya gunakan satu niche yang di kuasai dulu untuk membangun blog. Jika nantinya mau menambah niche yang kedua boleh saja.

Tapi lebih di sarankan membuat dua blog jika nanti sudah terbiasa mengelolah blog.

Untuk blogger pemula, lebih baik fokus membangun satu blog.

Setelah yakin dengan niche yang akan di bahas, baru sobat membuat blog dan mengisinya dengan artikel secara rutin.

Untuk membuat alamat blog, sebenarnya ada teknik tersendiri agar lebih teroptimasi SEO. Tapi akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat. Sebagai Penutup, Lebih baik memilih niche yang di kuasai daripada membuat blog yang di sukai tapi tidak memahami topik tersebut.

Nantinya malah akan menyulitkan dalam mengembangkan blog. Kita akan cepat kehabisan ide tulisan.
solusi bocor Saya adalah Aplikator injeksi beton yang mengerjakan perbaikan beton bocor, jasa injeksi beton retak dan waterproofing. Saya menjual mesin injeksi beton, packer injeksi beton dan polyurethane.
Packer Injeksi Beton

Cara Mengatasi Beton Bocor

Posting Komentar untuk "Cara tepat menentukan niche blog yang wajib kamu coba"