Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan SEO pada blog dengan metode penjelasan paling singkat

Penerapan-SEO-pada-blog

Menjadi blogger atau pemilik blog pasti selalu mencari bagai mana caranya agar pengunjung blog menjadi ramai. Tujuannya tidak lain adalah menghasilkan uang.

Dengan traffic blog yang tinggi akan memudahkan untuk menghasilkan uang dari blog. Baik itu dengan menjual produk ataupun menjadi Publisher iklan.

Berbicara tentang traffic blog yang tinggi, pasti kamu sedang mencari informasi bagaimana caranya mendapatkan pengunjung blog yang banyak.

Kamu berada di blog yang tepat. Karena disini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya mendapatkan pengunjung blog dengan mudah.

Salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung blog adalah dengan menempatkan artikel di halaman satu mesin pencari. Baik itu Google, Yahoo, Bing ataupun lainnya.

Bagaimana caranya ?

Kamu cukup pasang iklan di google ads. Pasti artikelmu mendapat rangking yang baik. Tapi itu tidak gratis. Kamu harus bayar setiap klik dari iklan tersebut.

“Baru juga mulai ngeblog, masa udah mau bayar aja”

“Mau cara yang GRATIS ?”
“Ada banyak cara yang gratis” salah satunya yang akan kita bahas.

Menerapkan SEO pada setiap artikel



Apa itu SEO ?

SEO adalah suatu upaya untuk menempatkan artikel atau konten di halaman atas menu pencarian di internet. Masalnya Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Pengertian SEO secara singkat seperti itu.

“Jadi bagaimana caranya ?”

SEO ada dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page.

  • SEO on Page adalah optimasi dari dalam website atau blog
  • SEO off Page adalah optimasi dari luar website atau blog


Blog ini tidak banyak basa basi dan tidak akan memakai bahasa yang indah apa lagi rumit. Jadi, mohon maaf jika bahasanya semua singkat.

Lanjuuuut........

Cara Penerapan SEO on Page


SEO on Page adalah cara optimasi yang di lakukan dari dalam website itu sendiri. Apa saja ?

Penerapan SEO on Page dapat di lakukan dengan cara-cara berikut :

  • Penyisipan Keywords atau kata kunci pada setiap bagian website seperti : Judul Website, Judul Konten, URL konten, Isi Artikel, Gambar dan meta tag
  • Penggunaan Template Premium
  • Link antar artikel


Cara Penerapan SEO off page


SEO off page adalah optimasi dari luar website.
Hal-hal berikut ini dapat kamu lakukan untuk optimasi website dari luar :
  • Membangun Backlink dengan cara berkomentar di blog lain, menulis artikel di blog tetangga, share konten ke media sosial dan lain-lain yang sekiranya dapat mendatangkan pengunjung dan itu di lakukan di luar website

Khusus untuk membangun Backlink, kamu dapat membeli Backlink di beberapa website yang sudah menyediakan layanan ini. Ini merupakan cara tercepat. Tapi cara ini sudah tidak terlalu berpengaruh di tahun 2020.

Cara memperoleh Backlink yang baik dan alami adalah dengan cara membuat konten yang super bagus dan bermanfaat buat orang banyak. Intinya kontennya waaaah.... banget. Jadi kamu akan mendapatkan backlink alami dari blog lain.


  • Cara yang kedua untuk memperoleh backlink berkualitas adalah dengan menulis artikel di blog lain dengan cara menjadi penulis tamu atau membuatkan artikel untuk orang lain. 
Nah di artikel tersebut di sisipi link ke blog yang kamu miliki.Itu saja konsep dasar SEO yang harus kamu ketahui untuk mendatangkan pengunjung ke blog.

Sebagai informasi tambahan, saya akan jelaskan secara singkat bagai mana cara menerapkan Teknik SEO dalam sebuah artikel agar mampu menduduki peringkat yang baik di mesin pencari internet. Khususnya Google.

Langsung saja cuuus.....

Penerapan SEO pada Artikel blog

Caranya cukup mudah tanpa ribet, kamu cukup menerapkan cara ini dengan baik, maka artikel kamu sudah teroptimasi SEO.

Berikut ini yang dapat kamu lakukan :

  1. Sisipkan keywords ( kata kunci ) pada judul artikel. Usahakan tidak ada pengulangan kata kunci dan buat judul yang mewakili isi blog
  2. Sisipkan kata kunci pada URL artikel. Buat sesingkat mungkin tapi jelas. Hindari penggunaan kata hubung seperti : dan, atau, dsb
  3. Isi Meta tag dengan kalimat yang mengundang klik atau rasa penasaran
  4. Sisipkan kata kunci pada bagian awal paragraf. Gunakan jangan berlebihan
  5. Sisipkan kata kunci pada H2, H3 dan seterusnya
  6. Sisipkan kata kunci pada keterangan gambar dan alt text

Gunakan keyword atau kata kunci senatural mungkin jangan di paksakan menyisipkan kata kunci pada setiap kalimat secara berlebihan. Itu akan memperburuk kualitas SEO kamu. Dan dampak SEO yang berlebihan adalah membuat artikel kamu di anggap SPAM ama Google.
Jadi.... gunakan seperlunya

Bagaimana ?

Kamu sudah mengerti ?

Saya rasa kamu sudah cukup mengerti. Dan jangan lupa, langsung terapkan saat kamu membuat artikel agar kamu bisa membuktikan bahwa kamu sudah mengerti sedikit tentang SEO

Terima kasih sudah mampir, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.
solusi bocor Saya adalah Aplikator injeksi beton yang mengerjakan perbaikan beton bocor, jasa injeksi beton retak dan waterproofing. Saya menjual mesin injeksi beton, packer injeksi beton dan polyurethane.
Packer Injeksi Beton

Cara Mengatasi Beton Bocor

Posting Komentar untuk "Penerapan SEO pada blog dengan metode penjelasan paling singkat"